Resep Es Gabus Pelangi by Aditya Damayanti



by Aditya Damayanti

Es kesukaan! Bikinnya gampang banget dan harus serba cepat. Untuk air disini saya pake susu dan santan. Apabila cuman pake susu aja semua boleh, atau santan aja boleh atau diganti sama air saja juga boleh. Asal total takaran cairan 1200ml yaaa. Tips dari saya supaya bisa lengket/menyatu antara warna satu dengan yg lain adalah, saat adonan merah dituang kedalam loyang segera masak adonan kuning. Begitu juga sebaliknya, begitu adonan kuning sudah dituang segera masak adonan hijaunya. Saat memasak hunkwe, waktu adonan sudah meletup letup dan terasa agak berat waktu diaduk segera matikan api dan tuang kedalam loyang. Karna kalo kelamaan diaduk adonan akan menjadi sangat kental dan susah dicetak.
Saran saya sebelum membuat es gabus ini, siapkan dulu bahan bahannya. Termasuk melapisi cetakan dengan plastik. Guna plastik adalah agar adonan ketika sudah mengeras gampang dikeluarkan dari loyang.
Selamat mencoba! Seger dimakan disiang hati yg terik 😍


Bahan-bahan
2 bungkus hunkwe putih @95gr
400 gr gula pasir
600 ml santan
600 ml susu cair
1/4 sdt garam
Secukupnya pewarna (merah, kuning, hijau)


Langkah

Campurkan tepung hunkwe, gula pasir, susu, santan dan garam dalam mangkok besar. Aduk hingga rata.


Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata lalu masing masing beri pewarna makanan. Saya pakai pewarna merek kupu kupu. Masing masing 5 tetes.


Masak adonan merah dengan api kecil. Aduk aduk, masak hingga adonan meletup letup dan berat, tp masih bisa dituang ke dalam cetakan. Tuang kedalam cetakan yg sudah dialasi dengan plastik tebal. Ratakan.


Setelah adonan merah dituang kedalam loyang, adonan warna kuning segera dimasak. Cara sama dengan adonan yg pertama. Masak hingga adonan meletup dan berat tapi masih bisa dituang. Tuang diatas adonan merah. Sisihkan


Terakhir, masak adonan hijau. Tuang keatas adonan kuning. Biarkan adonan set (padat) disuhu ruangan. Lalu masukkan ke dalam lemari es. Jangan lgs masuk freezer agar adonan es gabus mudah dipotong.


Potong potong es gabus, bungkus dengan plastik masing masing tiap irisan. Simpan di dalam freezer biar es gabus beku. Siap dinikmati 😍


Saya pakai tepung hunkwe ukuran @95gr